WELCOME to a'gread blog God !! . . Jika anda suka Blog ini Jangan lupa di JOIN Thanks!!

Rabu, 29 Februari 2012

Cara membuat motor menjadi SEMI

tampa basa basi nie dia ..
postingan nya di simak ya gan ni penting juga ..
buat para temen temen Gengtor di Indonesia ..


memajukan bukaan noken as lebih menguntungkan torsi diputaran bawah.
desain lobe : setiap bubungan sebuah cam,untuk tiap klep memiliki banyak variable,came lobe bukan hanya mengatur lift dan kapan membuka dan menutup,tp juga specd,akselarasi,overlap,dan tekanan kompresi diruang bakar yang diatur kecepatan noken as.
base circle (lingkaran dasar),posisi ini klep menutup,ukuran base circle mempengaruhi lift champ.semakin kecil base circle memungkinkan lift semakin tinggi tp rawan menjadi noken as ”lentur” dan timing melompat.
ramps adalah bagian lobe dimana lifter bergerak naik dan berakhir menutup.racing chamehaft,bentuk kurva area ramps memiliki kecepatan dan akselarasi tinggi.bentuk memiliki bentuk kurva opening dan closing ramps yang tidak sama.bertujuan untuk mamaksimalkan kecepatan klep dan control.

Dalam aplikasi balap,umumnya akselarasi klep dibuka secepat mungkin,tetapi kecepatan bukaan klep
dilambatkan secara drastic saat mendekati puncak lift untuk mencegah flooting.sedangkan pada posisi
menutup,klep harus diturunkan dengan lembut untuk menjaga daya tahan daun klep.
Memperlebar LSA menghasilkan kurva torsi yang rata dan lebar yang bagus di RPM tinggi tapi respon gas
lambat. Merapatkan LSA menghasilkan efek berlawanan membuat torsi memuncak, mesin cepat
teriak,namun rentan tenaga sempit.

Bila memakai piston panjang,kondisi ini membuat piston berada di TMA lebih lama. Noken as dengan
LSA lebar akan lebih cocok.











Factor yang mempengaruhi overlapping yang ideal adalah Ruangan bakar yang kecil biasanya yang butuh overlapping yang sedikit saja dikarenakan didisain untuk memaksimalkan torsi di RPM rendah. Banyak mesin balap saat ini tergantung pada putaran mesin tinggi untuk memaksimalkan gear rasio, Sehingga overlapping lebih banyak justru membantu, Ketika RPM melonjak,klep membuka dan menutup semakin cepat.

Stang piston panjang juga mempengaruhi tentang LSA, Karena piston berada di TDC semakin lama. Ini membuat ruang bakar semakin mengecil untuk menerima pasokan udara/bahan bakar. Sehingga overlapping yang lebih sedikit mampu mengisi ruang bakar lebih baik. Selain mengurangi kevakuman dan potensi gas membalik. Kebanyakan overlapping dalam mesin balap menghasilkan gas yang tidak terbakar langsung menuju pipa knalpot.,membuat boros konsumsi bahan bakar,Untuk balap jarak pendek ini tidak masalah(DRAG).

Tahap Cara Pengecatan Body Motor / Airbrush

langsung saja gan tampa basa basi ..
nie dia postingan nya ..

Bahan dan Alat yang digunakan untuk mengecat Motor :

Degreaser
Dempul
Epoxy Primer
Epoxy Surfacer
Cat Finishing
Clear Coat
Amplas ukuran / Nomor 80,120,360,400,600,1500,2000
Buat Ruang Khusus untuk Pengecatan:

Tidak perlu menggunakan ruangan khusus untuk pengecatan cukup gunakan gudang anda. Bersihkan gudang anda dan lapisi dengan terpal atau plastik berwarna putih ( bisa juga dengan dicat ). Dan letakkan beberapa kipas angin / blower dengan berbagai ukuran kecepatan untuk menyedot partikel dan bau di dalam ruangan.
Siapkan juga lampu penerangan / tube lamp yang diletakan berlawanan arah untuk memberikan cukup pencahayaan saat anda mengecat motor, yang nantinya akan dibantu oleh refleksi pantulan sinar dari dinding warna putih yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Keamanan.
Pastikan juga sirkulasi udara dalam spray booth ( ruang pengecatan ) bagus, sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan anda. Hal ini penting untuk menecegah kebakaran karena aroma dan bau cat tersebut sangat mudah terbakar. Pastikan alat listrik , steaker, kabel sudah terinstal dengan benar dan tidak membahayakan, dan juga gunakanlah masker yang berkualitas bagus.

Alat Pengecatan Motor..
Setidaknya anda menggunakan dua spraygun yang bagus, Ukuran Kompresor Angin Yang cocok dan bagus. Spray gun dibutuhkan 2 unit untuk primer dan yang lainya untuk pengecatan dan aplikasi clear coat.

Tahap Pengecatan motor.
Lepaskan Tangki motor dari rangka. Biasanya terdapat dua sekrup yang berada di depan dan bagian belakang. Jangan lupa menutup kran bahan bakar dahulu. Pastikan tangki motor yang akan anda cat tidak mengalami kebocoran. Sebaiknya lakuakan dulu perontokan cat dari logam tangki. Apabila ada kebocoran gunakanlah epoxy dan dilapisi menggunakan fiberglass atau lebih bagusnya anda reparasi ke spesialis reparasi tangki, karena bagian tangki adalah sebuah item utama bagi penampilan motor.
Setelah masalah kebocoran teratasi Keringkan dan tutup katup bahan bakar menggunakan isolasi pastikan dahulu tidak ada gas bahan bakar atau aroma bensin / harus kering sepenuhnya. Isolasilah semua bagian dari panel yang anda tidak ingin mengecatnya contoh : strip, Variasi, Logo dll.
Setelah proses pengupasan cat selesai gunakanlah degreaser / dilap pakai thinner untuk membersihkan permukaan logam dari kotoran dan minyak.
Gunakanlah Epoxy Primer ( Khusus logam ) diatas lubang kecil dan bagian yang penyok. Penggunaan Epoxy Primer memberikan lapisan dasar dan daya rekat yang bagus untuk lapisan Cat diatasnya. Semprotkanlah primer dengan gerakan yang agak cepat pada permulaan pengaplikasian supaya mendapatkan lapisan yang tipis dan merata. Kemudian Gunakanlah Primer dalam jumlah secukupnya beberapa lapis sampai anda puas. Kadang bisa sampai 6 lapisan atau bahkan lebih.

Amplas Epoxy menggunakan amplas ukuran 120 atau 360 dilanjutkan dengan ukuran 400 atau lebih, bertujuan untuk menghaluskan dan memberikan pola alami dari cat, dan menghasilkan lapisan cat berikutnya sehalus sutra. apabila ada lubang kecil / penyok yang terlihat oleh mata anda dan tangan anda setelah proses menghaluskan epoxy, gunakanlah dempul secukupnya untuk menutup area tersebut ( tidak boleh melebihi 2 cm ketebalanya ). Biasanya dalam proses pengamplasan epoxy penyok kecil ini mudah terlihat dan terasa.
Gunakanlah amplas ukuran 80 dan pada saat dempul tersebut sudah berkuran ketebalanya lanjutkan menggunakan amplas ukuran 120 dan kemudian finishing amplas ukuran 400. Dan sekarang anda sudah siap untuk penggunaan epoxy surfacer yang akan memberikan lapisan yang lebih halus dan ideal untuk dudukan cat.
Epoxy Surfacer juga akan mencegah Thinner masuk kedalam dempul yang mana akan mengakibatkan hasil pengecatan menggelembung pada clear coat. Pastikan anda mengikuti panduan dan spesifikasi pada setiap produk cat yang anda gunakan. Kegagalan pengaplikasian produk akibat kesalahan pencampuran takaran, waktu pencampuran , dan temperatur akan mengakibatkan anda frustasi.

Penggunaan Cat dan Clear Coat.
Sekarang saatnya mengecat !!!. Semprotkan cat menurut Spesifikasi panduan produk jumlah campuran, waktu per lapisan, suhu pengeringan dll. Dan kemudian gunakanlah clear coat. Setelah ronde pertama clear coat telah kering amplaslah menggunakan amplas basah ukuran 600. anda akan melihat lubang / pori pada lapisan clear coat tersebut. Lanjutkan pengamplasan hingga pori tersebut hilang. Apabila anda akan melakukan Airbrush sekaranglah saat nya menggambar diatas permukaanya. Setelah selesai menggambar atau menggunakan cutting sticker tutuplah menggunakan proses pengaplikasian clear coat lagi. Kadang harus menggunakan 2 lapisan lagi atau lebih untuk mengubur gambar tersebut.
Apabila sudah halus dan bagus, Amplaslah menggunakan ukuran 1500. Apabila anda ingin hasil lapisan yang lebih lembut dan mengkilap lanjutkan menggunakan ukuran 2000.

Tahap Pemolesan.
Sekarang adalah bagian kerja yang paling ditunggu. Hal terakhir adalah memoles body motor yang sudah dicat sehingga sehalus kaca. Anda membutuhkan alat poles yang mempunyai kecepatan yang bervariasi , sponge poles, dan kompon.
Gunakanlah kompon halus untuk menghilangkan permukaan clear coat yang jadul akibat proses pengamplasan tadi. Setelah cukup licin anda bisa menggunakan obat poles untuk memunculkan kilap dari kualitas clear coat yang anda gunakan.

Tips Merawat Motor Matic

Merawat Motor Matic = Merawat Cewek

Pasti mendengar judulnya pada ketawa nih. Eiitss tapi memamng bener kok.. coba kita simak ulasan dari saya ini. Motor matic merupakan motor yang paling sering dan senang untuk dirawat dan diperhatiin.. Nah sama kan sama cewek yang maunya diperhatiin.

Lalu Bagaimana cara ngasih perhatiannya.?

begini caranya :
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan didalam mearawat motor matic:

1.Ganti oli mesin setiap 2000 Km

2.Ganti oli transmisi setiap 7500 Km

3.Disarankan untuk mengganti Vent Belt setiap 20.000 Km

4.Pada km 20.000 Selain meganti vent beltnya disarankan juga untuk melakukan

pembersihan diruang transmisi tersebut.

5.Selalu menggunakan busi original disaat meganti busi yang sudah lama.

6.Terakhir selalu chek kondisi aki, karena kebanyakan motor matic meruapakan motor full DC yang dimana peran aki sangat berpengaruh dimotor matic.secara untuk tenaga dan kenyamanan dalam berkendaraa

7.ganti Oli shocbeker setiap 10.000 Km

sekian gan..

Cara Setting Karburator Sepeda Motor




Karburator dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor kita gan. Karena, tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi. Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap part ini. Adanya kendala yang menghambat aliran bahan bakar pada karburator, dapat membawa masalah pada tunggangan kesayangan anda.

Perawatan maupun setting karburator bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, karena adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburator ini, apabila agan masih kurang yakin untuk mencobanya sendiri, lebih baik menyerahkan kepada yang ahli. liat gambar ;



Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menyetel karburator adalah dengan melihat spesifikasi dari tipe motor. Karena setiap tipe, spesifikasi yang ada pada jeroan karbunya pasti berbeda. Sebagai contoh, Satria F150 mempunyai Main Jet berukuran 112,5 mm, 12,5 mm untuk Pilot Jet dan 1 ¾ untuk putaran Pilot Air Screw-nya.

Kita juga bisa melihat kondisi motor. Apakah sudah ada perubahan ataupun penambahan pada parts pendukung, seperti knalpot racing atau yang lainnya. Karena adanya pergantian ini bisa mempengaruhi setelan pada karburator. Jika mendapati hal ini (sudah ada part pendukung), spesifikasi pada karbu pun harus ada perubahan. Jeroan pada karbu harus dirubah 2,5 5 step dari spek standard.

Jika semua kondisi karburator sudah dicek, tiba giliran kita untuk menyetelnya. Hidupkan mesin motor, pertahankan gas pada RPM 1.500 1.600. Kemudian, putar setelan udara (pilot air screw) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan mengacu pada standarisasi yang sudah ada, kita akan mendapatkan hasil setingan yang sempurna.

Cara Mudah Membersikan Karburator di Motor Anda !!

tanpa basa basi ..
nie dya postingan nya ..

Karburator merupakan bagian terpenting motor yang digunakan untuk mengabutkan campuran bahan bakar dan udara selanjutnya diledakkan di ruang pembakaran dengan bantuan busi. Jika ada gangguan pada karburator, misalnya kemasukan air maka akibatnya yaitu motor kita tidak mau dihidupkan . Maka daripada itu, karburator harus sering dibersihkan dan cara membersihkan karburator adalah sebagai berikut:

1. Panasi motor selama 5 menit dahulu karena penyetelan karburator baiknya pada kondisi mesin panas. Lepas semua body motor dan simpan mur-murnya ditempat yang aman biar tidak hilang . Cara melepas body motor dapat dibaca di servis manual sepeda motor anda.

2. Lepas saringan udara yang menempel pada karburator. Jika perlu bersihkan dengan semprotan udara dicuci dengan sabun lalu dikeringkan. Kalau saya sih ya saya sabun biar bebas kuman.

3. Gunakan alat alat yang pas dan sesuai agar mur tidak aus/dol. Lepas selang bensin, lepas selang pembuangan bensin, lepas karburator, lepaskan semua mur dan baut, lepaskan juga kabel choke dan pengatur gas. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar gampang paka aja cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya. Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

3. Setel tinggi pelampung.
Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong/stigmat. Bila tidak punya jangka sorong cukup dikira – kira saja

4. Rakit karburator.
Pasang kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam/putaran terendah motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam smpai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita. Putar 3x jika motor digunakan untuk kota-kota dan 2x untuk putaran jika digunkan untuk naik gunung. Standar sih 2,75x putaran. 1 putaran yaitu sebesar 180 derajat.
Setel juga baut penyetel langsam putaran mesin yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.

Bagian Bagian Motor Yang Harus Di Perhatikan

langsung saja ..tampa basa basi nie postingan nya gan ..
Kebanyakan pengendara motor baru mau memerhatikan kendaraannya jika mesin rewel, tidak mau menyala atau rewel. Padahal, ada sekitar 10 pemicu petaka yang bisa menimpa pengendara dan ada di antaranya berujung dengan kecelakaan.

Perhatikan bagian-bagian di bawah ini, barangkali terjadi pada motor Anda.

1. Kabel spidomoter putus
Terutama bila putusnya bagian bawah. Jangan disepelakan dan dibiarkan putus. Bahayanya, kabel itu bisa melilit kuat ke jari-jari, Anda pun langsung terpelanting ke depan.

2. Mur kontra kabel gas
Khusus buat pemilik skubek yang doyan bongkar-pasang karburator, pastikan mur kontra pengikat pipa jalur kabel throttle sudah terikat dengan benar pada braket-nya. Bila salah satu mur kendur dan pipa berbentuk huruf "L" lepas, maka grip gas enggak mau diputar alias los. Bahayanya, saat menyalip, skubek Anda akan seperti berhenti berakselerasi, dan, baik Anda maupun mobil dari arah berlawanan atau dari belakang, belum tentu siap, lalu menabrak Anda.3. Baut sepatbor depan
Periksa baut pengikat (4 buah), jangan sampai kendur. Bila keempat baut lepas dan penahan air itu akan jatuh ke ban, bagian belakang sepatbor akan terlipat di segitiga dan motor bisa ngerem mendadak sehingga menyebabkan bagian belakang terjungkal.

4. Karet pelindung aki
kepala aki bagian positif ditutupi, entah dari karet, plastik atau material apa pun yang tidak menghantar listrik. Jika kondisi sudah rusak dan belum sempat menggantinya, "Pastikan aki benar-benar terikat di rumahnya dan jauhnya dari komponen sekitar yang bisa menimbulkan korsleting," ujar Wawan Setiawan, kepala mekanik Yamaha mekar Motor, Bogor.

5. Tekanan angin ban
Jangan sampai tekanan angin kurang, bisa mengakibatkan bocor. Terlebih, jika motor lama tak dipakai dan parkir tanpa menggunakan standar tengah. "Kalau kurang angin, ban dalam rawan bergesek sama pelek dan ban luar sehingga menimbulkan kebocoran bahkan sampai meledak," bilang Ribut Wahyudi, mekanik Bintang Niaga Jaya, Cibinong, Bogor.

6. Ganti sproket tajam
Cermati mata gigi gir, baik depan maupun belakang, jika sudah runcing, sebaiknya ganti. Sebab, bila bagian itu sudah tajam, gampang pindah posisi. Rantai pun lepas dan terjepit di arm. Kalau Anda mendengar orang jatuh dari motor lantaran rantai putus dan terjepit di arm, ya karena kelalaian itu.

7. Sekring wajib pasang
Pastikan aki didukung sekring yang memiliki ukuran ampere sesuai anjuran. Bahkan, posisi pasang sekring benar-benar di tempatnya untuk menghindari terjadinya korslet.

8. Ganti mur tuas rem
Jika motor sudah berusia lebih dari 5 tahun, jangan lupa dengan mur penahan, pengikat sekaligus penghubung tuas rem belakang dari bahan babet, apalagi sering bongkar pasang. Hal itu memungkinkan ulir aus atau dol. Kalau sudah begitu, rem bisa bablas lantaran as penghubung tuas rem lepas dari tangkai.

9. Karet footstep rusak
Bila karet footstep copot atau hancur, maka yang tampak ujung besi sebagai komponen dasar pijakan kaki. Nah, bayangkan jika ujung besi itu menyentuh tulang kering kaki penunggang tanpa sengaja.

10. Bikin repot boncenger
Sering dijumpai, pelat nomor belakang sudah mau copot. Justru itu menjadi sumber kesialan bila tak cepat diperbaiki. Paling tidak kaki yang dibonceng jadi korban. Terutama saat hendak turun.

Bagian" motor yang sering terlewat saat dicuci

selamat pagi teman teman kali ini saya akan memosting kan tentang hal hal yang terlupakan dalam mencuci motor berikut postingan nya ..
Ternyata memang benar terbukti. Bagian yang satu ini memang sering atau sangat terlewatkan ketika motor sedang dicuci, dialah bagian Gear Depan yang tertutup. Setelah 2 tahun lebih Autovajin mengudara, akhirnya baru sadar akan hal ini. Berawal dari membaca artikel mas Yudi Batang tentang bagian sepeda motor yang luput dibersihkan membuat ane sedikit terkejut dan mencari waktu yang santai untuk membersihkan bagian tersebut.
gear bagian yang jarang dibersihkan

Nah, ketika ada waktu untuk pembersihan muncul masalah baru. Yap, obeng untuk membuka baut segi enamnya kagak ada, pake kunci pas susah karena pasti mentok sana sini dan tidak direkomendasikan. Sedikit ribet buat buka tutup gear karena harus hunting tanya teman dan kerabat yang punya kunci shock ukuran 8 mm, mau pinjam bengkel males dan sungkan. akhirnya demi kebersihan yang prima bagi AutoVajin, istirahat kerja ane menuju toko perkakas dan membeli satu unit kunci schok model Y.
shock kunci shock Y
Well, alat sudah digenggaman. nyari waktu santai lagi buat bersihin bagian gear depan. Pake obeng shock yang baru dibeli langsung dengan penuh semangat bersih-bersih segera copot dua biji baut penutup, dibuka pelan-pelan dan hasilnya… langsung, kotoran berwarna hitam pekat menyembul keluar. pantes dah, sejak autovajin dibeli belum pernah sekalipun dibuka tutupnya.. :-D . Segera dibersihkan dengan alat seadanya, susah juga kalo buat mbersihin sampai kinclong, yang penting semua kotorannya sudah dihilangkan.
kotoran
Pada bagian tutup juga tak lupus untuk dibersihkan, kotoran yang nempel di tutup juga lumayan legit.
tutup
Setengah jam kemudian, semuanya beres. pasang kembali dan hati kembali lega. semuanya bersih kecuali bagian permukaan tutup bagian dalam yang keliatannya terlalu “hards” untuk bisa mulus kembali.. Bagi rider yang sudah mengganggap tunggangannya sebagai teman, semua bagian motor harus terjamah saat dibersihkan.. motor bersih, ridernya pun harus bersih.. daaann sepertinya bagian ini kalau bisa rutin dibersihkan minimal sebulan sekali..

Enam Bagian Motor yang Wajib Diperiksa di Saat Musim Hujan

Selamat sian temen temen kali ini saya akan ,memostingkan tentang 6 bagian motor yang wajib di periksa setelah musin hujan ..
berikut postingan nya ..
Hujan yang masih terus mengguyur hampir seluruh bagian tanah air tidak hanya menuntut perhatian ekstra bagi siapa saja yang saban hari menggunakan kendaraan bermotor sebagai sarana transportasi kegiatan sehari-hari. Terutama pengguna sepeda motor.

Pasalnya, guyuran hujan dan genangan air yang ditimbulkan tak hanya menyebabkan munculnya potensi bahaya bila tidak disiasati secara cermat, tetapi juga menimbulkan beberapa masalah di bagian sepeda motor.

“Kemungkinan masuknya air ke mesin, tercampurnya oli dengan air, rantai yang kendur, setang yang oblak karena kerap melibas jalanan berlubang yang tertutup genangan air dan sebagainya adalah beberapa contohnya,” papar Lukito, mekanik Lucky Motor, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (16/2).

Menurut Lukito, agar kondisi sepeda motor tetap prima sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin terhadap bagian-bagian penting, khususnya setelah kendaraan tersebut sering digunakan saat hujan mengguyur bumi. Lantas apa saja yang patut diperiksa secara cermat?

Berikut saran dari Lukito :

1. Saluran bahan bakar dan karburator
Guyuran air hujan yang deras menyebabkan udara yang tersedot mesin sepeda motor untuk proses pembakaran di ruang bakar besar kemungkinan mengandung uap atau butiran air. Selain menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna, dan mesin motor mbrebet, keberadaan uap air tersebut juga akan menyesaki tangki, keran, pipa, atau selang bakar bakar.

“Jika bercampur udara, air yang ada di tangki, pipa, atau kran saluran bahan bakar akan menyebabkan karat,” kata Lukito.

Bila serpihan karat itu masuk ke ruang bakar mesin maka mesin akan rusak. Ongkos yang dibutuhkan untuk perbaikan mesin pun mahal.

Oleh karena itu sangat disarankan, bila sepeda motor kerap melibas jalanan di kala hujan – terutama di saat banyak genangan air dengan ketinggian 20 centimeter lebih – sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Selain tangkai, pipa, dan kran bakar bakar, peranti lain yang wajib diperiksa adalah karburator.

2. Cek kondisi oli mesin
Tanpa disadari, dan banyak orang tidak dipedulikan oleh orang adalah kondisi oli mesin setelah sepeda motor melibas genangan air. Sangat mungkin air yang ada di genangan masuk ke bagian mesin baik melalui beberapa lubang yang ada maupun dari sela-sela mesin karena gasket atau seal di antara blok mesin telah usang.

Cara untuk melakukan pemeriksaan pun cukup mudah. Kendurkan penutup oli mesin, lalu amati apakah warna oli mesin masih normal? Atau tidak ada unsure warna putih?

“Jika ada warna putih seperti susu, maka oli tersebut wajib diganti karena oli sudah terkontaminasi air hujan. Segera ganti untuk menghindari kerusakan mesin,” tandas Lukito.

3. Jangan lupa cermati filter udara
Satu di antara bagian sepeda motor yang memberi ruang bagi air hujan untuk masuk ke mesin adalah saringan atau filter udara. Terlebih bila motor tidak menggunakan filter tersebut dengan alasan tertentu.

Air masuk ke peranti itu saat melibas genangan air dengan ketinggian 30 centimeter atau lebih. Bahkan, meski tidak setinggi itu namun akibat semprotan air yang diterjang oleh kendaraan lain atau mobil dari arah berlawanan dengan laju yang cukup kencang, juga bisa menyebabkan air masuk ke komponen tersebut.

“Bila air yang masuk cukup banyak, bisa menyebabkan water hammer yaitu ledakan atau pukulan yang keras karena pada saat terjadi proses pembakaran di ruang bakal air masuk. Akibatnya ada ledakan keras,” terang Lukito.

Ledakan yang keras dan tiba-tiba bisa menyebabkan piston mesin jebol, connecting rod atau tangkai torak bengkok, dan sebagainya.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah. Pastikan filter udara tertutup rapat di saat melaju di tengah guyuran hujan. Setelah itu periksa apakah ada air di bagian itu, segera ganti bila filter telah kemasukkan air.

4. Pastikan peranti pengereman berfungsi baik
Masalah lain yang kerap muncul di saat musim hujan adalah, perangkat pengereman mengalami penurunan fungsi. Maklum, air hujan bisa saja menerobos ke sela-sela tromol rem sehingga kanvas rem basah, piston atau kaliper rem cakram tak pakem mencengkeram piringan cakram, dan lain-lain.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan fungsi rem depan maupun belakang. Lakukan uji coba pengereman dengan mengendarai motor di lintasan yang aman dan sepi beberapa kali.

Pastikan pula ada tidaknya suara mendecit. Bila terdapat suara itu, berarti lining kanvas rem basah dan harus segera diperbaiki. Pastikan pula tingkat ketebalan pad brake masih memenuhi standar, bila sudah tipis lakukan pergantian. (perawatan rem telah ditulis tempointeraktif beberapa waktu lalu).


5. Periksa kondisi rantai
Pada saat hujan tingkat ketegangan rantai sepeda motor kerap bermasalah. Akibat sering melibas jalanan berlubang yang tidak terlihat karena tergenang air, rantai menjadi kendur atau karena terguyur air hujan rantai menjadi kering atau bahkan berkarat.

Oleh karena lakukan pemeriksaan dan perawatan rantai. Atur ulang tingkat ketegangan rantai, lumasi dengan grease dengan baik dan benar. (Perawatan rantai motor telah diulas di tempointeraktif.com beberapa waktu lalu).

6. Pastikan setang kemudi tidak oblak
Pada saat hujan deras terjadi, banyak sekali lubang di jalanan yang tertutup air. Tanpa disadari kita kerap melibas jalanan itu, atau bahkan kita menyadarinya namun sulit untuk menghindar karena beberapa alasan.

Bila motor kerap melibas lobang seperti itu, terlebih dengan kecepatan cukup tinggi tidak menutup kemungkinan beberapa baut di setelan setang kemudi kendur atau oblak. Meskipun tingkat kekenduran itu kecil atau sedikit, jangan menganggapnya remeh.

“Sebab kalau dibiarkan kekenduran akan membesar dan berbahaya. Karena saat berkendara sangat membutuhkan kestabilan dan itu sangat tergantung setang kemudi,” tandas Lukito.

Cara untuk memeriksanya cukup mudah. Posisikan motor tegak dengan menggunakan standar tengah dan letakkan beban di jok bagian belakang agar motor dalam posisi jomplang ke belakang. Setelah itu, pegang dua garpu roda depan bagian bawah. Kemudian tarik ke depan dan dorong ke belakang, rasakan apakah ada goyangan atau oblak.

“Segera bawa ke bengkel bila ada gejala itu, atau bila bisa melakukannya sendiri segera perbaiki,” ujar Lukito.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kondisi sepeda motor agar tetap prima di saat musim hujan. Semoga bermanfaat.

Cara Gampang Merawat Motor 4 Tak

bagi teman teman yang memiliki motor motor 4 tak nie dia tips tips cara merawat nya ...Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! Padahal hal itu gara-gara kita juga yang kurang merawat motor. Nih simak tips merawat motor ! Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Pabrikan.

Cek Kondisi Aki
Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin
Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Ok sobat selamat merawat motor, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

cara menangani kerusakan pada motor

selamat siang gan ..
untuk kali ini saya akan memosting kan tentang Kerusakan kerusakan yang ada di motor anda ..
dan cara memperbaikinya ..
berikut postigan nya ..

BEBERAPA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR

Didalam pelaksanaan offroad dengan menggunakan sepeda motor, maka ada beberapa potensi kerusakan yang terjadi diantaranya adalah:
Kerusakan Karburator,
Kerusakan Pengapian.
Kerusakan Rantai,
Kerusakan Perangkat ,
Kerusakan lain-lain

AD.1. Kerusakan Karburator

Kerusakan karburator terjadi sebagai akibat dari beberapa sebab, seperti misalnya masuknya air ke dalam karburator yang menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna, atau kemacetan kabel gas. Selain itu, kerusakan karburator juga bisa disebabkan oleh adanya kotoran di dalam pilot jet atau main jet.





AD.2. Kerusakan Pengapian

Kerusakan pengapian kerap terjadi tanpa ada ciri-ciri tertentu. Matinya busi, spool, CDI atau Coil dapat terjadi begitu saja tanpa ada gejala sebelumnya.
Kerusakan pengapian merupakan kerusakan yang tidak diharapkan oleh para offroader. Kalau sifatnya masih merupakan sebuah kerusakan ringan, seperti busi, pengantian masih mudah untuk dilakukan. Akan tetapi kerusakan pada spool atau CDI biasanya merupakan sebuah kerusakan yang jarang terjadi. Karena jarang, maka kerap suku cadang pengganti tidak disiapkan. Olah karena itu, sekali kerusakan pada komponen tersebut terjadi, apabila suku cadang tidak tersedia, maka cara yang paling sering dilakukan adalah menarik kendaraan yang mogok ke luar, dan mencari bengkel terdekat.
Bagaimana melakukan identifikasi kerusakan tersebut? Cara yang paling mudah adalah dengan membuka kabel busi dan mendekatkannya dengan bodi mesin. Gunakan kick starter seperti untuk menghidupkan mesin, dan periksa apakah ada nyala listrik yang keluar. Apabila tidak ada percikan listrik, maka salah satu perangkat mengalami kerusakan.

AD.3. Kerusakan Rantai
Kerusakan rantai biasanya terjadi pada rantai yang sudah memiliki usia yang cukup atau karena ada sesuatu hal, seperti adanya tekanan yang berlebihan pada rantai yang menyebabkan rantai tiba-tiba putus.
Putusnya rantai pada umumnya dapat diselesaikan dengan mudah, cukup diganti dengan menggunakan sambungan rantai yang baru.

AD.4. Kerusakan Perangkat
Yang dimaksud dengan kerusakan perangkat adalah kerusakan pada peralatan yang terdapat didalam sepeda motor seperti:
Kabel Gas
Kabel Kopling
Handle Gas dan kopling
Baut pengikat

Iklan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan